Kulit Kering dan Berminyak: Perbedaan dan Cara Mencegahnya

Artikel ini akan membahas tentang perbedaan antara kulit kering dan berminyak. Untuk kalian yang ingin melakukan perawatan kulit, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis kulit karena terdapat bermacam-macam jenisnya. Dengan mengetahui jenis kulit kamu, ini akan membantu kamu dalam memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kamu. Kulit wajah pada umumnya dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu: 

  • Normal
  • Berminyak 
  • Kering
  • Kombinasi

Kulit wajah biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kandungan kolagen dan elastin yang mempengaruhi elastisitas kulit dan kandungan minyak yang mempengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit. Berikut penjelasan kulit kering dan berminyak. 

Jenis kulit kering

Jenis kulit kering adalah kondisi kulit dimana kulit lapisan terluar memiliki kelembaban yang kurang sehingga menyebabkan kulit terasa kering ketika dipegang. Pemilik jenis kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang hampir tidak terlihat. Biasanya kulit terlihat kusam, kasar dan tidak rata ketika dipegang. Lalu kulit jenis ini biasanya bersifat lebih sensitif gampang merah gatal bersisik dan radang. 

Kulit wajah kering dapat diperparah oleh beberapa faktor misalnya faktor penuaan hormon, genetika, cuaca dingin, radiasi UltraViolet paparan sinar matahari, mandi air panas dan bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetika ataupun kecantikan. 

Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam merawat kulit kering:

  • Gunakan pembersih wajah yang bersifat lembut yang tidak mengandung alkohol
  • Hindari mandi dan mencuci wajah dengan air hangat yang terlalu lama dan jangan lupa Gunakan selalu pelembab setiap selesai. mencuci muka 

Jenis kulit berminyak

jenis kulit wajah yang berminyak biasanya disebabkan oleh meningkatnya produksi sebum di dalam wajah. Sebum sebenarnya berfungsi untuk melembabkan dan melindungi wajah kita namun sayangnya dalam jumlah yang berlebih sebum dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat.  

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi produksi sebum yang berlebihan pada wajah kamu adalah faktor genetika, hormonal, ataupun stres. Jenis kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang tampak besar tampak mengkilap dan biasanya disertai komedo jerawat dan noda hitam.

Nah ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit berminyak: 

  • Yang pertama. rajin mencuci muka setiap hari minimal dua kali sehari dan menggunakan kertas minyak yang dapat meminimalisir minyak di wajah kamu. 
  • Jika pembersih wajah tidak mampu mengurangi produksi minyak di wajah kamu cobalah produk-produk yang mengandung asam seperti benzoil peroksida ataupun asam salisilat. 

Nah itu dia perbedaan antara kulit kering dan berminyak. Semoga informasi nya berguna ya untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum kamu mencoba produk kecantikan ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *