7 Hal Penting Streamer Game Harus Perhatikan Agar Konten Lebih Menarik

Ketika kamu sudah menghabiskan waktu dan biaya untuk membuat suatu produk atau konten, pastinya kamu ingin mengetahui kira-kira tanggapan audiens kamu itu seperti apa ya. Ini merupakan hal yang penting bagi para streamer game untuk diketahui. Menggunakan perangkat lunak yang dapat menyimpan data agar dapat dianalisis merupakan suatu hal yang harus agar kualitas atau arah kontenmu tidak terlalu lari atau sia-sia. Dengan menggunakan analitik kamu juga akan mengetahui konten yang mana saja yang berhasil menarik audiens dan tipe audiens kamu itu seperti siapa saja.

Tentu saja, kamu harus mengetahui poin-poin penting atau biasa disebut metrik yang dapat menjadi panduan kamu menganalisa konten dan jenis penonton kamu. Setelah mendapatkan data yang cukup kamu akan dapat membuat konten yang lebih sesuai untuk audiens yang kamu targetkan. Kalau begitu mari simak informasi tentang  7 metrik yang streamer game harus perhatikan agar bisa sukses menjadi streamer

Device Viewership

Device viewership berguna untuk bagi streamer game, karena hal ini perlu untuk mengetahui audiens kamu lebih banyak menggunakan perangkat apa ketika menonton streaming kamu. Apakah mereka menonton melalui desktop atau mobile. Ketika mengetahui ini kamu akan dapat merubah cara kamu membuat konten. Contohnya, apabila pengikut kamu lebih banyak menggunakan mobile device, kamu dapat menurunkan kualitas konten kamu. Hal ini karena mobile device memiliki bandwith yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer atau laptop dan dengan menurunkan kualitas agar teroptimisasi untuk mobile, penonton kamu akan lebih gampang untuk mengakses konten kamu dan pastinya akan lebih puas dengan konten-konten yang kamu miliki. 

Live viewership vs on-demand viewership

Perbedaan antara live viewership dan on-demand viewership adalah ketika penonton menonton streaming kamu secara langsung atau menonton nya di luar waktu kamu streaming. Ini merupakan hal yang penting untuk streamer game karena kamu akan mengetahui untuk lebih fokus ke pembuatan yang mana antara dua pilihan diatas. Jika memang kamu lebih banyak memiliki on-demand viewership apakah tidak lebih baik untuk membuat konten yang sudah di edit dibandingkan melakukan live streaming? Begitu juga sebaliknya, jika memang audiens kamu lebih suka untuk menonton konten kamu secara langsung kamu dapat lebih fokus dalam konten tersebut. 

Repeat Traffic

Repeat traffic menjadi salah satu metrik penting bagi streamer game. Apakah kalian mengetahui kira-kira fans kamu menikmati konten kamu dan datang untuk beberapa konten atau hanya datang sekali saja lalu tidak pernah kembali lagi? Nah dengan menggunakan metrik yang satu ini, kamu akan mengetahui kira-kira konten yang kamu hasilkan mendapat reaksi yang positif dari audiens kamu atau kamu perlu melakukan perubahan agar dapat menarik audiens yang lebih banyak lagi. 

Duration Views

Ini merupakan salah satu metrik penting bagi streamer game. Ketika mengetahui berapa lama penonton menikmati konten kamu maka ini akan menjadikan indikator yang dapat menentukan apakah konten yang kamu buat menarik untuk mereka atau mereka hanya melihatnya sebentar saja dan pergi dari streaming kamu. Jika mayoritas fans kamu menikmati dan menonton sampai habis streming yang kamu lakukan maka kamu hanya perlu untuk meningkatkan isi konten kamu. Tetapi jika mereka tidak menghabiskan banyak waktu di streaming kamu, mungkin kamu perlu untuk mencari ide-ide lain untuk menarik perhatian mereka. 

Unique Visitors

Unique visitors merupakan suatu metrik untuk streamer game yang menghitung berapa pengunjung unik yang datang ke streaming kamu. Ini berbeda dengan total pengunjung dimana total berarti jika 1 pengunjung mendatangi streaming kamu sebanyak 15 kali makan total juga akan bertambah sebanyak 15. Sedangkan pengunjung unik hanya akan mencatat satu pengunjung. Hal ini karena analitik yang digunakan akan mencatat IP Address para pengunjung dan dapat membedakan jika mereka mengunjungi streaming sekali atau beberapa kali. Informasi ini dapat kamu gunakan untuk menghitung konversi kamu, jadi kamu akan mengetahui kira-kira penonton kamu itu ada berapa orang. 

Geographical Breakdown

Ketika kamu mengetahui lokasi dari para penonton kamu, informasi ini dapat digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang lebih spesifik. Contoh, jika para penonton kamu kebanyakan adalah orang yang tinggal disekitar kamu maka kamu dapat mengadakan meet and greet dengan mereka. 

Viewer Engagement 

Engagement merupakan suatu indikator yang penting tak hanya di media sosial tapi juga untuk para streamer game. Semakin banyak audiens kamu yang berinteraksi dengan konten yang kamu miliki kamu berarti konten milikmu menarik untuk mereka. Kamu akan lebih gampang menjangkau lebih banyak orang lagi karena mereka akan dengan senang hati membagikan konten kamu ke dalam lingkaran mereka. 

Nah itu dia metrik untuk streamer game yang perlu diperhatikan agar kamu dapat lebih sukses dalam membuat konten. Semoga informasi diatas dapat berguna bagi kamu ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *